TENTANG KAMI

AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia) didirikan sebagai rasa kebersamaan dalam menyatukan langkah para pelaku ekspor kopi dalam menjawab permasalahan Pemerintah untuk mengambil bagian dalam tata niaga kopi yang mana sejak tahun 1969 Organisasi Kopi Dunia (ICO) menerapkan kuota bagi para anggotanya. Kelembagaan yang pertama dibentuk Pemerintah adalah SEKI (Sindikat Eksportir Kopi Indonesia) melalui SK Menteri Perdagangan nomor 98/KP/IV tanggal 15 April 1969 dimana dalam lembaga tersebut terdapat 195 eksportir kopi. Tujuan Organisasi AEKI adalah mewujudkan masyarakat perkopian yang sejahtera, tangguh dan mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan perekonomian nasional.

Dalam perjalannya AEKI yang semula merupakan Asosiasi yang hanya beranggotakan Eksportir Kopi dalam rangka memperluas keanggotaan, membuka diri dengan menerima anggota perusahaan yang bergerak dibidang perkopian yang bukan/belum ekspor kopi.  Oleh karena itu, dalam kesempatan Rapat Umum Anggota Luar Biasa AEKI tanggal 21 Juli 2008, singkatan AEKI yang semula Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia dirubah menjadi Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia dengan singkatan yang sama AEKI.

Untuk mengelola organisasi/Asosiasi selain di pusat berupa Badan Pengurus Pusat (BPP AEKI) di daerah juga dibentuk Badan Pengurus Daerah AEKI antara lain di Aceh (BPD AEKI Aceh Darussalam), Sumatera Utara (BPD AEKI Sumatera Utara), Bengkulu (BPD AEKI Bengkulu), Sulawesi Selatan (BPD AEKI Sulawesi Selatan), Lampung (BPD AEKI Lampung), Jakarta (BPD AEKI Jakarta), Jawa Tengah (BPD AEKI Jawa Tengah).

KOPIKOPI.ID merupakan sebuah platform E-Commerce yang dikembangkan dibawah naungan AEKI. KOPIKOPI.ID Sebagai salah satu unit usaha AEKI Diharapkan menjadi sebuah platform E-Commerce one stop solution bagi semua kebutuhan komunitas perkopian dari hulu ke hilir (bibit kopi, packaging, jasa roasting, coffee tools and machinery, training dll.)